Mobile computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan
penggunanya bisa memanfaatkan kemampuan komputer secara optimal, meski dalam
posisi berpindah-pindah. Banyak kalangan menilai bahwa mobile computing akan
menggeser keberadaan desktop atau PC yang selama ini kita kenal.Berbicara
mengenai mobilitas, hal yang menjadi kritis adalah tenaga. Komponen-komponen kini
memiliki performa yang terus meningkat baik dari segi kecepatan maupun
kualitas, mengakibatkan kebutuhan akan tenaga listrik meningkat. intel
Corporation, mengambil inisiatif menciptakan terobosan dalam hal power
management dengan menghadirkan platform intel centrino Mobile Technology.
Power management di mobile computing akan mengatur power
sesuai utilitas yang digunakan. Pada saat semua resource digunakan, baru
penggunaan atau konsumsi daya mencapai 100 %. Jika utilitas hanya digunakan
sedikit saja, maka konsumsi daya juga hanya sedikit. Perkembangan teknologi
notebook yang mendukung mobile computing dipertegas dengan realisasi dari
konektifitas nirkabel/wireless. Perpaduan kedua hal tersebut memberikan
perubahan mendasar akan cara kita berkomputasi, berkomunikasi, dan berinteraksi
dengan menghilangkan batasan geografis. Berbagai perusahaan pun berlomba-lomba
menciptakan berbagai produk yang memanjakan pengguna
menghadirkan dukungan pada
pekerjaan dan hiburan.
Mengapa disebut mobile computing (komputasi bergerak) ? Karena:
1. Memiliki aplikasi yang
sangat luas
2. Memiliki kemampuan
melakukan perpindahan posisi
3. Memiliki kemampuan
perpindahan peralatan
4. Memiliki kemampuan
perpindahan jaringan,dll
Dengan membedakan sistem komputasi mobile dari sistem komputasi lain, kita
bisa mengidentifikasi perbedaan dalam kinerja bagaimana dirancang, digunakan
dan diatur dalam pembuatan sistem tersebut. Ada beberapa hal yang sistem
komputasi mobile dapat melakukan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sistem
komputasi yang
statis.
Alat-alat yang digunakan untuk mobile computing adalah
Komputer Portabel, Tablet PC, Internet Tablet,PDA, Ultra mobile PC,Smart
Phone,dll.
Walaupun mobile computing adalah teknologi yang sudah maju,
namun teknologi ini juga mempunyai keterbatasan dan resiko jika tidak digunakan
dalam situasi yang benar. Berikut adalah beberapa keterbatasan dan resiko dari
mobile computing:
1. Kurangnya Bandwith
Akses internet pada peralatan ini umumnya
lebih lambat dibandingkan dengan koneksi kabel, dengan menggunakan teknologi
seperti GPRS, EDGE dan jaringan 3G yang baru – baru ini keluar. LAN nirkabel
berkecepatan tinggi tidak mahal, tetapi memiliki rentang yang sangat terbatas.
2. Konsumsi Tenaga
Ketika sebuah stopkontak listrik atau
generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya
pada daya baterai. Ini berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan
untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.
3. Gangguan Transmisi
Banyak faktor yang bisa menyebabkan
gangguan sinyal pada mobile computing seperti cuaca, medan dan jarak alat
mobile computing dengan titik pemancar sinyal terdekat. Selain itu penerimaan
sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung dan daerah pedesaan seringkali
buruk.
4. Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan kendaraan bermotor baik
mobil maupun motor sering disebabkan oleh pengendaranya menggunakan peralatan
mobile seperti handphone saat sedang berkendara. Selain itu juga terdapat rumor
bahwa sinyal telepon seluler bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
5. Antarmuka Pengguna Dengan Alat
Layar dan keyboard yang cenderung kecil
terkadang membuat peralatan tersebut sulit untuk digunakan. Metode input
alternatif seperti input suara atau pengenalan tulisan tangan membutuhkan
pelatihan untuk menggunakannya.
Kendala perkembangan mobile computing pada komputer notebook adalah
kecilnya peluang untuk mengubah notebook sesuai yang kita inginkan. Di lain
hal, semua komputer notebook yang ada di pasaran saat ini menggunakan desain
propietary. Popietary tidak menguntungkan bagi pengguna karena tidak memberikan
keleluasaan memilih komponen sesuai yang mereka butuhkan dan inginkan. Dari
sisi harga juga memberatkan pengguna karena pola pemasaran dan distribusi yang
tidak efisien menyebabkan harga yang tinggi dibebankan pada pengguna. Kendala
lainnya adalah kecilnya kesempatan untuk pemain-pemain lain untuk
berpartisipasi karena secara finansial membutuhkan investasi yang tidak kecil
dimana hal ini hanya dapat dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan multinasional
(Multinational Company/MNC).
Tool yang dapat digunakan :
- Java ME, popular untuk game
- Symbian, general purpose, didukung Nokia
- Android adalah berbasis Linux
- iPhone , hanya pada Mac OS X
- Palm OS, kuat di US
- dll
- Symbian, general purpose, didukung Nokia
- Android adalah berbasis Linux
- iPhone , hanya pada Mac OS X
- Palm OS, kuat di US
- dll
Mobile computing device tidak selalu harus terhubung dengan jaringan
telekomunikasi. Kalkulator, HP, laptop, netbook bisa dikategorikan sebagai
perangkat mobile computing.
Untuk mengakses berbagai aplikasi stand alone atau remote applications
dapat melalu:
a.
IR (IN Room) Network
Perangkat mobile yang
dapat berkomunikasi dalam jangkauan terbatas/ pendek. Meliputi dua type:
– Infra red,
cakupannya mencapai 50m dengan bandwidth yang didukung sekitar 1Mbps.
– Radio frequency,
dengan jangkauan antara 1m-100m dan kecepatan transfer data sampai dengan 3Mbps
b. Wireless LAN
Area service jaringan
mencapai 200m. Terdapat beberapa standart yang tersedia untuk WLAN dan yang
paling banyak dipakai saat ini yaitu IEEE 802.11
c.
Broadband Wireless Network
Jaringan nirkabel peta
lebar adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan pengiriman nirkabel secara
simultan suara, data,dan video. Dua jenis teknologi ini adalah: Lokal
Multi-point Distribusi Service (LMDS) dan Multi-point Multi-channel
Distribution Service (MMDS). LMDS menggunakan frekuensi bandwidth tinggi
nirkabel dalam jarak 20-31 GHz, sedangkan MMDS menggunakan bandwidth lebih
rendah dengan frekuensi dalam 2 cakupan GHz dan memiliki jangkauan hingga 50
kilometer.
d. Wireless Area Network
Wireless Wide Area
Network dirancang untuk memberikan transmisi data dan infrastruktur perusahaan
terdiri dari base stasiun, pusat kontrol jaringan dan switch untuk mengirimkan
data. karakteristik WAN yang luas dan mobilitas tinggi.
e.
Satelitte Based Network
Jaringan satelit telah
digunakan untuk relay suara, video atau data, sejak tahun 1960 (DeRose, 2002).
karakteristik dari jaringan berbasis satelit adalah bahwa ia memiliki cakupan
yang luas, mahal, komunikasi dua arah dan suara berkualitas rendah. Satelite
memiliki cakupan wilayah yang luas. Sevara umum satellite digunakan berdasarkan
hubungan mereka jarak dan ruang dengan bumi, yaitu Satelit geostasioner (GEOS),
Medium Earth Orbit Satelit (MEOS), dan Orbit Satelit Bumi Rendah (Leos). GEOS,
MEOS dan Leos masing-masing terletak di ketinggian 35.786 km, 10.000 km dan
1.000 km.
Contoh penggunaan mobile computing :
1. Kendaraan (untuk
pemantauan dan koordinasi, GPS)
2. Peralatan Emergensi
(akses dunia luar)
3. Akses web dalam
keadaan bergerak
4. Location aware service
5/ Information service
6. Disconnected
operations
7. Entertainment (network
game groups)
URL :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar